Mahasantri: Juara Kontes Robot Nasional dan Internasional

Mahasantri: Juara Kontes Robot Nasional dan Internasional

Posted on By 518

Perkenalkanlah namaku Satria Hafizhuddin. Saat ini sedang menempuh studi di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya di jurusan Teknik Elektro dengan beasiswa PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi) Kementerian Agama RI. Ada beberapa pengalaman yang telah ku dapat selama kuliah di sini, di antaranya dalam setahun ini aku dipilih menjadi ketua Tim Robot Sepak Bola Humanoid ICHIRO ITS. Berkat aktif di tim ini, aku dapat menjuarai beberapa lomba nasional hingga internasional, dan sudah ada 30 penghargaan yang didapat, 5 negara yang telah dikunjungi, Malaysia, China, Hongkong, Taiwan, dan Jepang, serta sudah dua kali menjadi presenter paper di bidang robot taraf nasional dan satu kali di taraf international. Seorang santri? Iya santri.

Aku akan memulai cerita ini dengan terlebih dahulu menceritakan kehidupanku di kampus ITS. Hidup di ITS Surabaya tidak semudah yang dipikirkan, dimulai dari pelajaran-pelajaran yang tak mampu ku ikuti, maupun cara bergaul yang jauh berbeda dengan daerah asalku, Samarinda. Perlu waktu untuk beradaptasi dalam segala hal, karena di mana bumi berpijak, disana langit dijunjung. Beberapa kegiatan pun ku ikuti, dari kegiatan musik, pecinta alam, sampai robotika. Sempat minder di tahun pertama, karena tidak mampu mengikuti segala pelajaran yang diberikan, di Robotika pun aku masih belum bisa memahami apapun, karena memang beberapa temanku sudah dari SMP bahkan SD sudah mempelajari robotika, sedangkan aku? Baru melihat robot saja pada saat kuliah, sehingga tak heran aku ingin mundur dari robotika. Pada saat itu, bukti bahwa pentingnya memilih dan memilah teman terbuktikan, mereka lah yang membuat aku bisa tetap berada di robotika, mereka pula yang memberikan “les privat” secara gratis dari setiap hal yang tidak ku mengerti.

Kembali aku katakan bahwa hasil tidak akan menghianati usaha, dengan segala pembelajaran akselarasi di tahun pertama, akhirnya di tahun kedua, setelah melakukan magang selama 3 bulan di salah satu tim Robot yang ada di ITS, aku pun diterima di Tim ICHIRO, yakni Tim Robot Sepak Bola Humanoid.

Di Tahun kedua di dalam Tim Robot, aku mendapatkan amanah untuk memimpin tim ini, walau sempat ragu karena di dalam tim masih begitu banyak anggota tim lain yang lebih berhak untuk memimpin, namun amanah tetap harus di jalankan, karena itulah nanti yang akan kita pertanggungjawabkan. Meskipun tantangan terus bermunculan setiap harinya, sedikit demi sedikit dapat diatasi bersama.

(bersama Tim Robot Ichiro mengikuti kompetisi robot internasional di Jepang

Selain itu, sekarang aku masih aktif sebagai pengajar ekstrakulikuler robotika di salah satu sekolah swasta di Surabaya. Walaupun pada saat kuliah banyak fokus kepada robotika, aku masih aktif berpartisipasi untuk menjadi juri pada perlombaan Da’i. Selain itu, aku juga ingin mulai membangun bisnis, baik dalam bidang teknologi maupun sosial.

Tidak ada kesuksesan yang datang secara instan, kalau kita terburu-buru untuk menjadi sukses, hal yang akan kita dapati hanyalah kegagalan dan kekecewaan semata, karena kesuksesan itu membutuhkan proses perjuangan dalam meraihnya dan kita harus berani untuk menagmbil risiko dan membayar harganya tanpa banyak alasan dan keluahan. Itulah sedikit cerita mengenai kehidupan yang telah ku jalani, dan aku yakin banyak diantara pembaca yang pernah mengalami pasang surut kehidupan, bahkan lebih daripada yang pernah kualami. Percayalah, Allah SWT selalu bersama kita, setiap langkah yang kita lewati, setiap hal yang terjadi tidak lepas dari penglihatan dan kendalinya, sudah kewajiban kita sebagai hamba untuk selalu berprasangka baik dari qadha dan qadar yang diberikan.

Terakhir, ada tiga kalimat bijak yang senantiasa ku ingat:

Keberhasilan manusia ditentukan oleh dirinya sendiri. Dengan pilihan yang benar, ia akan bersinar.

Kegagalan adalah sebuah pilihan. Jika hal-hal yang kita buat tidak gagal, maka kita belum cukup berinovasi.

Kita harus memiliki rencana, namun ingatlah selalu bila kita punya rencana, maka Allah pun pasti mempunyai rencana, dan recana Allah adalah yang terbaik dan pasti akan terjadi.

Diringkas dari buku Santri Pejuang Mimpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *