KEMENAG BINA MAHASISWA PBSB DI KAMPUS UPI BANDUNG

KEMENAG BINA MAHASISWA PBSB DI KAMPUS UPI BANDUNG

Posted on By 1227

Bandung – DITPDPONTREN, Dalam rangka meningkatkan orientasi mahasiswa peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) pada keilmuan, pengembangan dan pemberdayaan pesantren serta pengabdian masyarakat, Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Ditpdpontren) melakukan pembinaan kepada empat puluh mahasiswa yang tengah kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Rabu (31/01).

Pembinaan mahasiswa PBSB yang diharapkan mampu mengintegrasikan antara sains dan agama merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Ditpdpontren pada tiga belas perguruan tinggi mitra.

Mengawali acara, Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Basnang Said menekankan kepada seluruh mahasiswa PBSB di UPI Bandung untuk meningkatkan fokus belajar dan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa PBSB. Selain itu, mahasiswa PBSB juga diminta untuk bisa melanjutkan pada jenjang kuliah yang lebih tinggi.

“Mahasiswa peserta PBSB saya yakin sangat menguasai bahasa Arab, akan tetapi saya tekankan untuk menguasai juga bahasa Asing lainnya seperti bahasa Inggris supaya bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Kami sudah bertemu dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), di situ banyak peluang beasiswa kuliah, saya minta peserta PBSB ada yang bisa mengambil beasiswa tersebut”, papar Basnang.

PBSB adalah program afirmatif perluasan akses santri pondok pesantren untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri, serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri pondok pesantren yang telah memenuhi syarat.

“Sejak tahun 2006, di kampus UPI Bandung mahasiswa peserta PBSB tersebar pada tiga jurusan, Bimbingan Konseling, Adinistrasi Pendidikan, dan Teknologi Pendidikan. Kami mengikuti dan mengawasi pendidikan mahasiswa PBSB di kampus UPI, dan mereka sangat luar biasa,” ujar ahli Pendidikan Kimia Asep Supriatna yang juga salah satu panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sementara itu Basnang senada menegaskan bahwa mahasiswa peserta PBSB banyak yang berprestasi. Mereka merupakan aset pesantren dan bangsa. Mereka akan mampu menjadi ilmuan sholeh yang kelak akan menempati posisi penting di negeri ini. Karena mahasiswa PBSB lahir dari pondok pesantren dan perguruan tinggi.

“Di berbagai perguruan tinggi mitra PBSB, mahasiswa kami banyak yang menonjol dalam hal prestasi akademik dan non akademik. Karenanya kami akan serius melakukan pembinaan terhadap mereka agar mampu menjadi ilmuan-santri yang moderat,” tutup Basnang. (hery)

sumber: kontributor ditpdpontren

2 Responses

  1. Sebelumnya terimakasih bapak atas kunjungannya ke upi.. Kami merasa senang:) Tapi mohon maaf pak sebelumnya ingin mengkonfirmasi, bahwa pbsb di upi jurusan administasi pendidikan pak bukan administrasi negara.. Terimakasih sebelumnya bapak:)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *