Pertanyaan Seputar PBSB

    • Saya Pesantren/Santri dan mau mendaftar PBSB, bagaimana caranya mendapat login?
      1. Meminta operator pesantren untuk membuat akun di aplikasi pendaftaran PBSB dan tunjukkan panduan penggunaannya.
      2. Operator Pesantren melengkapi data dan melengkapi persyaratan, kemudian tunggu hingga mendapat persetujuan dari Panitia PBSB.
      3. Operator pesantren memasukkan data santri yang akan didaftarkan, hingga mendapatkan akun untuk santri
      4. Operator pesantren memberikan informasi akun untuk santri yang telah didaftarkan.
      5. Santri login dan mengisi seluruh kelengkapan.
      6. Setelah selesai, santri menunggu informasi pengumuman sesuai yang tertera di jadwal.
    • Apakah saya bisa mendaftar sebagai calon penerima PBSB 2018?
      Lihat Kualifikasi dan persyaratan pendaftar PBSB 2018 di halaman tahapan dan persyaratan.
    • Dimana saya bisa mendaftar PBSB secara online?
      http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaran/
    • Apa saja Kampus dan jurusan yang bekerjasama dalam PBSB 2018?
      Silakan dibuka halaman program studi PBSB 2018
    • Bagaimana cara saya memperoleh username dan password?
      Untuk Santri
      : Silakan menghubungi pihak pesantren untuk mendaftarkan pesantrennya di aplikasi pendaftaran online PBSB disini. Lengkapi profil dan ijin operasional kemudian tunggu hingga panitia melakukan verifikasi datanya. Setelah lolos verifikasi data pesantren, maka pesantren dapat memasukkan nama-nama santri yang akan didaftarkan dalam PBSB. Kemudian, akun (Username dan passoword) santri akan dinformasikan via Operator pesantren. Setelah itu, santri dapat melengkapi pendaftaran sampai selesai.
      Untuk Pesantren: Lakukan pendaftaran disini. Lengkapi profil dan persyaratan yang diminta. Setelah selesai, tunggu hingga panitia pendaftaran melakukan verifikasi data pesantren.
    • Saya lulusan SMA/SMK/MAN yang berada dibawah naungan pesantren, apakah bisa mendaftar PBSB?
      Sesuai dengan arahan kebijakan yang berlaku, PBSB dibuka hanya untuk MAS, PPM, PPS dan PDF. silakan mengacu pada artikel berikut untuk lebih detail nya. (http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id/pengumuman-lulusan-ma-ppm-pps-pendaftar-seleksi-pbsb/)
    • Bagaimana jika saya lulusan MA tapi NISN saya tidak muncul waktu diinput data?
      – Problem ini umumnya dikarenakan data Emis Madrasah belum terinput/terjadi kesalah input/ baru saja input. Sistem di PBSB belum sinkronisasi secara realtime dengan Emis Madrasah. Silakan berkorrdinasi via whatsapp dengan kontak yang ada di bagian bawah sistem pendaftaran disini.
      – Alasan kedua, bisa juga karena santri memang bukan dari pondok pesantren/ Madrasah bukan berada dibawah naungan pondok pesantren/ Madrasah bukan satuan pendidikan yang diperkenankan mendaftar PBDB. silakan di review terlebih dahulu disini dan persyaratan pendaftaran PBSB disini.
      – Alasan ketiga, Jika sudah benar Madrasah dibawah naungan pesantren dan tidak bisa mendaftarkan NISN santri sama sekali(satu sekolah tidak ada yg bisa), coba diperiksa konfigurasi pada Aplikasi Emis Madrasah. Perhatikan bagian “Madrasah Dibawah Naungan Pesantren” dengan pilihan YA / TIDAK. Jika pilihan tidak, dapat dipastikan data santri seluruhnya tidak akan masuk di data calon pendaftar PBSB.
    • Saya Pesantren dan baru saja merubah data madrasah saya menjadi Dibawah naungan pesantren, kenapa masih belum bisa mendaftar?
      Setiap perubahan data di aplikasi Emis Madrasah, memerlukan sinkronisasi, prosedurnya yaitu memberi tahu petugas emis Madrasah di kabupaten kota untuk meminta sinkronisasi data nya dengan PBSB.
    • Saya santri dan sudah finalisasi dan sudah cetak formulir registrasi, lalu apa lagi yang saya lakukan?
      Karena keterbatasan ketersediaan kuota tes CBT, Panitia PBSB akan melakukan seleksi Administrasi dari seluruh pendaftar. Sehingga memiliki formulir registrasi, belum tentu 100% akan mengikuti tes CBT nanti. Yang perlu dilakukan adalah persiapan sebaik mungkin, berdoa sekhusuk mungkin dan menunggu hingga tanggal pengumuman kelulusan seleksi Administrasi(2 Mei 2018). Setiap pendaftar yang lolos seleksi administrasi harus login kembali ke sistem dan akan menemukan informasi Download Kartu Tes dan Surat Pernyataan yang keduanya harus dibawa saat akan ujian CBT nanti.
    • Ketika saya klik rangkuman data, muncul pesan error, apa yang harus saya lakukan?
      Problem ini terjadi dikarenakan efek dari updating sistem yang dilakukan pada tanggal 12 April pukul 9.00 pagi. Solusinya ada 2.
      – Masuk pada halaman Data Keluarga dan pastikan seluruh input telah terisi dengan sempurna ( Biasanya pilihan kabupaten belum terisi)
      – Masuk pada halaman Dta Madrasah dan pastikan tipe Jenis Madrasah telah sesuai dengan tipe madrasah anda. Lalu klik tombol selanjutnya.
      Dengan 2 langkah diatas, maka seharusnya problem sudah dapat terselesaikan.